
- September 25, 2024
- nahdlatul_quran
- 0 Comments
- Dawuh Guru, Kegiatan Santri, Mengaji, Santri Kudus, Santri Mengaji, Santri Qur'ani
APLIKASI AL-QUR’AN
Di era modern saat ini, Al-Qur’an sudah tidak hanya dicetak dalam bentuk mushaf/cetakan, tapi sudah merambah ke dunia teknologi yakni dalam bentuk aplikasi di smartphone atau perangkat pintar lainnya. Dengan alasan lebih praktis dan portable, akhirnya masyarakat zaman sekarang berbondong-bondong menggunakan Al-Qur’an dalam bentuk aplikasi di gawai pintarnya.
Pertanyaan : Apakah hukum aplikasi Al-Qur’an di gadget dapat disamakan dengan Mushaf saat aplikasi tersebut dijalankan?
Jawaban : Khilaf. Menurut sebagian ulama’ menghukumi Aplikasi Al-Qur’an seperti halnya Mushaf, sehingga ketika menyentuh dan membawanya saat aplikasi terbuka harus keadaan suci. Tapi sebagian ulama’ yang lain ada yang tidak menghukumi aplikasi tersebut seperti ushaf. Sehingga ketika menyentuh dan membawanya saat aplikasi terbuka boleh dalam keadaan berhadast.
Dalil :
- Menurut Ulama’ yang termasuk Mushaf
- شرح الياقوت النفيس للشيخ محمد بن أحمد بن عمر الشاطري ص 28 (دار المنهاج)
الذي أرى أن التسجيل على الشريط يحصل بأحرف منقوشة تثبت على الشريط وعلى هذا فيكون له حكم المصحف……
“(Al-Qur’an) yang terbukukan di HP itu menghasilkan huruf-huruf yang terukir dan menetap di HP. Oleh karena itu, maka (HP) Dihukumi seperti hukumnya Mushaf.”
- نهاية الزين في إرشاد المبتدئين للشيخ محمد نووي البنتني ص 40 (دار الكتب الإسلامية)
والمراد بالمصحف كل ماكتب فيه شيء من القرآن بقصد الدراسة كلوح أو عمود أو جدار كتب عليه شيء من القرآن للدراسة فيحرم مسه مع الحدث حينئذ
“Yang dimaksud dengan Mushaf adalah segala sesuatu yang ditulisi oleh ayat dari Al-Qur’an dengan tujuan pembelajaran. Seperti papan, tiang, tembok yang ditulisi ayat Al-Qur’an dengan tujuan pembelajaran, Maka haram menyentuhnya dalam keadaan hadast.”
- Menurut Ulama’ yang tidak termasuk Mushaf
موقع الإسلام السؤال والجواب ج 5 ص 35 (مكتبة الشاملة)
الحمد لله هذه الجوالات التي وضع فيها القرآن كتابة أو تسجيلا لاتأخذ حكم المصحف, فيجوز لمسها من غير طهارة
“Alhamdulillah, Telepon-telepon yang dipasangi Al-Qur’an didalamnya, baik berupa tulisan atau terbukukan tidak dihukumi seperti hukumnya Mushaf, maka boleh memegangnya tanpa bersuci.”
Leave a Comment